Logo ekspedisi

Cek Ongkir JNE

kg

Berniat untuk mengirim paket atau dokumen menggunakan layanan dari JNE? Cek ongkir JNE dengan mudah dan cepat serta simak juga ulasan lengkap mengenai salah satu ekspedisi logistik paling populer di Indonesia ini.

Tentang JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau lebih dikenal dengan JNE adalah salah satu perusahaan kurir ekspedisi dan logistik terbesar di Indonesia.

Saat didirikan pertama kali pada tahun 1990 oleh H. Soeprapto Suparno, JNE merupakan bagian atau divisi dari PT TIKI JNE. Seiring dengan bertumbuhnya perusahaan dan perkembangan pasar, JNE berpisah dari induknya TIKI dan memiliki manajemen yang berdiri sendiri serta memiliki fokus dan arahan yang berbeda dari TIKI. Saat ini keduanya dapat dikatakan bersaing dalam segmen yang sama.

Berfokus pada pasar Indonesia, JNE telah memiliki lebih dari 1,500 titik layanan penjemputan dan pengantaran paket serta leih dari 40,000 karyawan yang dapat diandalkan bagi pelanggannya yang peka terhadap waktu pengantaran. JNE menggunakan berbagai macam moda transportasi guna menjangkau pelanggannya di seluruh pelosok Indonesia.

Didukung oleh jaringan logistik yang besar dan pengalaman selama lebih dari tiga puluh tahun, JNE menawarkan layanan yang terjangkau dan dapat diandalkan oleh pelanggannya di seluruh Indonesia dalam urusan ekspedisi dan logistik ekspres. JNE merupakan salah satu pilihan utama bagi banyak pelaku usaha sebagai mitra dan juga pelanggan retail untuk mengirim paket dan dokumen.

Layanan JNE

JNE menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen di Indonesia melalui beberapa jenis layanan yang memiliki kecepatan pengiriman serta jaminan yang berbeda-beda. Jika Anda belum familiar dengan JNE, layanan pengiriman paket dan dokumen yang paling populer yang disediakan oleh JNE antara lain adalah sebagai berikut:

Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)

Layanan OKE adalah layanan JNE yang paling terjangkau bagi pelanggannya. JNE tidak menawarkan garansi uang kembali pada layanan ini serta tidak ada pengiriman pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional alias paket yang belum terkirim pada hari Jumat akan dilanjutkan dikirim pada hari kerja berikutnya.

Walaupun lebih lambat dibandingkan dengan layanan Reguler, layanan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) sangat cocok jika Anda tidak memprioritaskan kecepatan pengiriman.

Reguler (REG)

Perkiraan pengiriman paket dan dokumen pada layanan Reguler adalah 1-7 hari kerja tergantung kepada daerah asal dan daerah tujuan. Berbeda dengan layanan OKE, layanan Reguler memiliki kelebihan yaitu Anda dapat melacak status pengiriman melalui situs resmi JNE.

Kekurangan layanan Reguler adalah JNE tidak memberikan Anda garansi uang kembali apabila paket Anda sampai di luar estimasi waktu pengiriman. Selain itu, paket dan dokumen Anda tidak akan dikirim pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Layanan Reguler (REG) sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini karena paket dan dokumen biasanya akan sampai dalam 1-2 hari kerja apabila tidak ada kendala.

Yakin Esok Sampai (YES)

Layanan Yakin Esok Sampai (YES) merupakan layanan yang populer bagi Anda yang ingin paket dan dokumen sampai tujuan tepat waktu. Berbeda dengan dua layanan di atas, layanan ini tetap mengirimkan paket dan dokumen pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Layanan ini tidak tersedia di setiap kota, khusus untuk kota asal dan kota tujuan tertentu. Paket dan dokumen dijamin sampai keesokan harinya dengan waktu batas maksimum paling lambat pada pukul 23:59. JNE memberikan garansi uang kembali apabila paket gagal dikirimkan pada waktu batas maksimal. Akan tetapi tidak termasuk jika penerima tidak berada ditempat, hanya berlaku jika keterlambatan disebabkan oleh pihak ekspedisi.

Sama hal-nya dengan layanan Reguler, JNE menyediakan fasilitas pelacakan paket dan dokumen pada layanan ini yang dapat Anda gunakan pada situs resmi JNE.

Super Speed (SS)

Super Speed (SS) dapat Anda andalkan apabila Anda membutuhkan layanan yang mengutamakan kecepatan waktu pengiriman paket dan dokumen. Layanan ini hanya tersedia untuk beberapa wilayah tujuan. JNE menjamin pelanggannya akan mendapatkan layanan ekspedisi dalam waktu kurang dari 24 jam melalui perjanjian standar layanan (Service Level Agreement, SLA).

JNE akan memprioritaskan pengiriman paket dan dokumen Anda untuk segera sampai baik menggunakan moda transportasi darat maupun penerbangan udara langsung ke wilayah tujuan pengiriman. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan notifikasi mengenai pengiriman paket dan dokumen langsung ke ponsel Anda untuk kenyamanan dan kepastian pengiriman. Jaminan 24 jam sampai atau uang kembali ini tidak berlaku apabila terdapat catatan/instruksi khusus dari pelanggan.

Layanan Lainnya

Selain layanan yang paling dikenal dan telah disebutkan di atas, JNE juga masih memiliki layanan dan produk lainnya mulai dari layanan Pesanan Oleh-oleh Nusantara (PESONA), COD (Cash on Delivery), sampai antar jemput ASI!

Layanan-layanan yang disebutkan di atas merupakan bagian dari lini bisnis JNE Express terutama untuk pelanggan ritelnya. JNE juga memiliki dua lini bisnis lainnya yaitu JNE Freight dan JNE Logistics.

JNE Logistics berfokus untuk melayani kebutuhan logistik seperti angkutan darat, angkutan laut dan pergudangan. Lain halnya dengan JNE Freight yang berfokus kepada pengiriman pake dengan jaringan internasional menggunakan jalur udara atau jalur air/laut. JNE sudah terhubung dengan lebih dari 5,000 jaringan yang terhubung dengan organisasi WCA Inter Global. Artinya, dengan JNE, Anda dapat mengirim paket kemanapun tujuan Anda di dunia asalkan tujuan tersebut terhubung dengan jaringan WCA Inter Global ini.

Dengan tiga lini bisnis, JNE memastikan kepada para pelanggannya bahwa JNE menyediakan berbagai solusi untuk berbagai kebutuhan baik untuk ritel maupun kebutuhan besar untuk pelanggan korporatnya, domestik atau internasional.

Anda dapat melihat lebih lengkap layanan yang ditawarkan oleh JNE pada situs resminya.

Asuransi JNE

Untuk beberapa jenis paket dan dokumen, Anda disarankan untuk mengasuransikan pengiriman Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Asuransi yang JNE sarankan berlaku untuk paket-paket yang bernilai tinggi (lebih dari Rp1,000,000) seperti elektronik dan perhiasan, barang yang harganya diatas 10 kali lipat ongkos kirimnya, serta surat-surat yang dianggap berharga seperti STNK dan BPKB.

Untuk menghitung besaran asuransi, Anda dapat menggunakan rumus di bawah ini:

Biaya asuransi = (nilai barang x 0,2%) + biaya administrasi

Nilai barang = Nilai/harga dari barang yang Anda kirimkan

Biaya administrasi = Rp5,000

Contohnya jika Anda ingin mengirim sebuah ponsel seharga Rp10,000,000 maka perhitungan biaya asuransi yang harus Anda bayar adalah sebagai berikut:

Biaya asuransi = (Rp10,000,000 x 0,2%) + Rp5,000

Biaya asuransi = Rp20,000 + Rp5,000

Biaya asuransi = Rp25,000

Khusus untuk dokumen berharga, JNE menerapkan peraturan khusus yaitu nilai maksimal untuk perhitungan biaya asuransi sebagai berikut:

  • BPKB mobil Rp2,500.000/buku
  • BPKB motor Rp2,500,000/buku
  • STNK mobil Rp2,000,000/lembar
  • STNK motor Rp1,000,000/lembar
  • Paspor asli Rp500,000/buku
  • Ijazah asli Rp200,000/lembar
  • Sertifikat asli Rp2,000,000/lembar
  • Dokumen lainnya Rp2,000,000/dokumen

Istilah JNE

Bagi Anda yang sering menggunakan layanan JNE mungkin sudah tidak asing dengan istilah-istilah dalam pelacakan paket JNE. Namun mungkin sebagian dari Anda penasaran mengenai makna dari setiap istilah-istilah yang JNE gunakan dalam proses pengiriman paket dan dokumen.

Berikut ini adalah daftar lengkap istilah jne yang telah kami himpun berdasarkan abjad:

AU (ANTAR ULANG)
artinya paket Anda sedang dikirim ulang karena tidak terkirim hari sebelumnya
AU TO OPS
artinya paket Anda sedang diserahkan dari bagian yang menangani masalah kiriman ke bagian operasional untuk
diantar ulang
BA (BAD ADDRESS)
artinya alamat yang tertera tidak jelas atau tidak lengkap sehingga kurir tidak dapat mengantarkan ke
alamat tujuan
BOX DELAY
artinya paket disimpan oleh JNE tapi tidak dicoba untuk dikirimkan lagi karena alamat tidak jelas atau
tidak lengkap
BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED)
artinya paket sudah dicoba diantar tetapi tidak ada penerima di tempat tujuan
CC (CRISS CROSS)
artinya paket tertukar dengan paket lainnya (nomor resi dan paket berbeda)
CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPT
artinya tujuan sedang tutup saat paket dikirimkan oleh kurir
CNEE UNKNOWN (CONSIGNEE UNKNOWN)
artinya tidak ada penerima dengan nama yang tertera di paket
DELIVERED
artinya paket sudah sampai dan diterima oleh penerima
DELIVERY TIME
artinya waktu pengiriman dari kota tujuan ke alamat tujuan
DEPARTED FROM TRANSIT
artinya paket dilanjutkan untuk dikirim setelah berada di kota transit
HO (HAND OVER)
artinya paket sedang dipindahtangakan kepada pihak agen terdekat dengan alamat tujuan
HO TO HVS
artinya paket sedang dipindahtangankan kepada agen khusus karena berisi barang berharga
HOLD
artinya paket sedang ditahan oleh pihak JNE
HOLD RUSAK
artinya paket sedang ditahan oleh pihak JNE karena terdapat kerusakan pada paket
INVALID BAG
artinya paket tersasar ke jalur yang salah karena masuk ke tas yang salah
LBA (LUAR BATAS ANTAR)
artinya alamat tujuan berada di luar jangkauan pengiriman JNE
MANIFEST
artinya paket sudah masuk pada daftar pengiriman pihak JNE
MR (MISROUTE)
artinya kurir mengalami kesalahan jalur pada saat mengirim paket
NTH (NOT AT HOME)
artinya penerima sedang tidak berada di alamat tujuan pada saat pengiriman paket
ON-PROCESS
artinya paket sedang dalam proses pengiriman oleh pihak JNE
ON-TRANSIT
artinya paket sedang berada di kota transit
POD (PROCESS ON DELIVERY) DETAIL
artinya paket akan segera diantar oleh kurir JNE
PROCESSED AT SORTING CENTER
artinya paket sudah disortir untuk dikirimkan ke checkpoint selanjutnya
RECEIVED AT WAREHOUSE
artinya paket sudah diterima di gudang JNE terdekat dengan tujuan pengiriman paket
RECEIVED AT SORTING CENTER
artinya paket akan disortir di pusat sortir JNE
RECEIVED ON DESTINATION
artinya paket telah sampai di kota tujuan
SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION
artinya paket dikirimkan ke kantor JNE terdekat dengan tujuan
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER
artinya paket telah diterima oleh JNE
STATUS KOSONG
artinya terdapat kesalahan database atau kesalahan input data paket oleh pihak JNE
WITH DELIVERY COURIER
artinya paket sudah berada di kota tujuan dan dalam perjalanan dengan kurir JNE ke alamat tujuan.

Selain istilah-istilah yang terlah disebutkan di atas, mungkin saja terdapat istilah yang belum dapat kami dokumentasikan. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai status pengiriman paket, Anda dapat menghubungi Customer Service JNE.

Customer Service

Jika Anda mengalami masalah dalam pengiriman paket, Anda dapat menghubungi Customer Service JNE resmi melalui beberapa kanal. Berikut ini adalah beberapa kanal yang dapat Anda akses secara langsung:

Website: https://jne.co.id

Telepon : (021) 5086-8880

Fax : (021) 567-1413

Email: customercare@jne.co.id

Twitter: https://twitter.com/JNE_ID

Facebook: https://www.facebook.com/JNEPusat/

Alamat: Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat 11440

Cara Cek Ongkir JNE

Cara paling mudah untuk mengecek ongkos kirim JNE baik untuk layanan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE), Reguler (REG), atau Yakin Esok Sampai (YES) adalah dengan bantuan situs-situs cek ongkir JNE seperti situs Cek Ongkir ini.

Anda dapat dengan mudah memasukkan kota asal dan kota tujuan dari pengiriman paket Anda dan sistem pada situs akan dengan otomatis mengkalkulasikan perkiraan ongkos kirim tanpa perlu repot-repot mengunjungi konter atau cabang JNE terdekat.

Selain menggunakan situs ini, Anda juga dapat mengunjungi situs resmi JNE untuk cek ongkir JNE secara langsung.

Bermitra dengan JNE

Untuk Anda yang suka berbisnis atau sedang mencari peluang usaha, menjadi agen JNE patut untuk dipertimbangkan. Peluang pasar yang terbuka lebar terlebih setelah membuminya jualan online melalui situs-situs e-commerce. Jasa ekspedisi dan logistik menjadi bisnis yang menggiurkan, hal ini dapat terlihat dari menjamurnya perusahaan-perusahaan ekspedisi ekspres baru seperti J&T, Jet, dan lain-lain.

Selain peluang yang besar, JNE menerapkan standar yang cukup tinggi apabila Anda berniat untuk menjadi mitra JNE. Walaupun terlihat menyulitkan calon mitra, hal ini diperlukan untuk menjamin kualitas serta nama baik JNE di mata pelanggan dan mitra-mitra JNE yang sudah bergabung.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mitra JNE secara ringkas diantaranya adalah:

  • Persyaratan umum seperti formulir, data diri/badan usaha, foto, rekening koran, SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha), membayar deposit sebagai jaminan, membayar biaya peralatan marketing, Surat Izin Gangguan, bukti pembayaran PBB, serta foto dan denah letak calon lokasi usaha
  • Persyaratan khusus seperti NPWP, data-data diri dan atau surat-surat izin untuk badan usaha
  • Persyaratan dan kriteria lokasi usaha sesuai standar
  • Persyaratan perlengkapan-perlengkapan kerja seperti komputer dan lain sebagainya
  • Persyaratan perlengkapan sales
  • Persyaratan target penjualan
  • Persyaratan lainnya seperti interview, perpajakan, sumber daya manusia dan lain sebagainya

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program kerja sama, persyaratan dan kriteria, serta prosedur yang lebih lengkap Anda dapat mengunjungi halaman mitra pada situs resmi JNE di sini.

Sanggahan

Walaupun sistem kami dimutakhirkan secara berkala, kami tidak dapat menjamin bahwa seluruh data akan 100% akurat sesuai dengan harga ongkir yang akan Anda bayar. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang tidak dapat kami kendalikan seperti jeda pemutakhiran harga ongkir yang diatur oleh ekspedisi, perbedaan jenis dan ukuran paket yang akan Anda kirim, hingga biaya tambahan asuransi yang dibutuhkan untuk beberapa jenis paket. Untuk itu, kami menghimbau agar dapat menjadikan situs ini sebagai referensi awal dan bukan harga acuan karena faktor-faktor yang disebutkan.

Kami tidak bekerja sama dan atau berafiliasi dengan ekspedisi manapun dan tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan informasi serta kerugian yang mungkin dapat ditimbulkan atas penggunaan layanan ini. Nama, merek, dan logo yang terdapat pada halaman ini adalah hak milik dari masing-masing pemiliknya.